Wednesday, July 13, 2005

aSam PadEh



Duluw jaman gw masi kecil, makanan ini termasuk masakan andelan nyokap yang ampe ampir bosen gw dibuatnyah;p...dengan resep yg sama, si nyokap tinggal ganti" bahan bakunya ajah, minggu ini daging, minggu depan ikan, minggu depannya lagi ayam, minggu depannya ati,puter lagi...dari minggu ke minggu ketemu lagi-ketemu lagi...begitu gw cabud kuliah, gw memendamh rindu sama masakan ini jadi...pelarian gw seminggu sekaliy nongkrong di sari bundo, ato kabur ke jakarta, maksa si nyokap masakin buat gw;p...kalo sekarang ampe nangis bombay juga, gak mungkin tinggal makan doang, harus usaha..dan untuk pertama kalinya, gw berasa...ada darah padang mengalir di tubuh inih;p...wakakkkakkakkkk:D

bahan:
cabe merah 1 ons (bisa ditambah kalo kuwat pedesh)
ayam boneless 1/2 kg
daun jeruk 5 lembar
daun kunyit 2 lbr
daun salam 1 lembar
asam kandis 2 buah
jahe seruas jari, geprek
lengkuas seruas jari, geprek
serai geprek
garam secukupnya

haluskan:
kunyit 1 cm
bawang merah 6 buah
bawang putih 2 siung

cara membuat:
-tumis bumbu halus sampai baunya harum
-masukkan berturut cabe giling, daun jeruk, daun kunyit, daun salam, asam kandis, lengkuas, serai masak sampai matang
-masukkan 250 cc air, kemudian masukkan ayam
-bubuhkan garam sedikit
-masak sampai ayam empuk, matang, dan kuah bersisa sedikit
-enaknyo dimakan jo nasi angek:D

note:kalo yang mau dimasak ati ato daging biasanya gag perlu dimasukkin lengkuas dan sereh, yang enak dimasak kaya gini ikan berdaging tebal (tenggiri, tuna, patin, tongkol) ato daging...

No comments: